Friday, April 5, 2013

KAMADIYA ARKANANTA



ARKA, itulah panggilannya dari nama lengkapnya yaitu Kamadiya Arkananta, putra pertamaku. Ciptaan Illahi yang lahir dari rahim istriku, tepatnya Kamis Legi, 28 Maret 2013 pukul 09.45WIB di RSAB YPK Mandiri,Menteng, Jakarta.

Alhamdulillah, segala puji syukur kepadaNya yang telah memberi saya dan istri saya Amanah untuk menjaga dan mendidik titipan Illahi ini.

Nama Kamadiya Arkananta sendiri disadur dari dua bahasa, yaitu Kamadiya (Arab) yang memiliki arti "Memiliki semangat Tinggi nan Cerdas" dan  Arkananta (Sansekerta) yang berarti "Selalu diterangi oleh cahaya (matahari)". Nama mungkin hanya sekedar nama, namun selalu terbesit sebuah harapan didalamnya. Agar sang kalifah memiliki kekuatan dan tujuan hidup.

Memiliki anak bisa jadi suatu hal yang membahagiakan hampir untuk semua orang di dunia, tak terkecuali saya,yang menjadi seorang bapak. Mungkin tidak hanya saya yang bahagia sebagai bapaknya, namun juga ibu, eyang, pak de, om, bu de, tante dan siapa saja. Sah-sah saja jika kita menganggapnya sebagai pemberian yang membahagiakan tuhan kepada kita. Namun sebagai manusia yang memiliki akal, sudah seharusnya kita berpikir, bahwa selalu ada dua sisi yang dapat kita lihat dari hal yang diberikan oleh Allah.

Dikaruniai seorang anak dapat dianggap sebagai satu sisi yang membahagiakan saat kita berpikir bahwa anak itu merupakan anugerah, hadiah atau apapun kita menganggapnya, harus kita syukuri bahwa masih banyak pasangan yang sudah menikah sekian tahun akan tetapi belum dikaruniai anak. Namun kita jangan lupa bahwa kita juga masih memiliki satu sisi yang lain, bahwa kita harus ingat bahwa anak bukanlah milik kita sebagai orang tua, melainkan titipan (amanah) dari Illahi.

Amanah Illahi merupakan suatu hal yang dipercayakan kepada kita dari Allah, bahwa amanah tersebut dapat dipegang teguh atau justru malah dilalaikan merupakan tanggungjawab kita sebagai orang tua. Diberikannya seorang anak kepada kita artinya Allah telah mempercayakan bahwa kita mampu. Bila kita memegang teguh dan menjalankan amanah yang telah diberikan, niscaya dengan menjadikan anak menjadi orang yang sholeh, berakhlak dan bermanfaat bagi umat, apapun yang kita lakukan dan korbankan akan menjadi suatu pahala. Amin.

From Bapak for Ibu and Arka


No comments:

Post a Comment